Tuan Guru
Menghidupkan Kembali Sosok Tuan Guru Yang Ditiru dan Digugu
gurublog

Siswa Melatih Guru Nge-Blog | Tuan Guru

Masa liburan semester dimanfaatkan oleh sebagian guru SMPN 6 Sengkang untuk mengadakan Pelatihan Blog. Pelatihan ini bertemakan Guru Go Blog, dimaksudkan agar guru-guru mengenal dan dapat menerapkan Blog untuk tujuan pembelajaran. Kegiatan yang digagas oleh guru ini berlangsung selama 1 hari (tanggal 4 Juli 2011) dan cukup unik karena pematerinya adalah siswa sendiri, Andi Agus, yang tamat tahun ini (sekarang melanjutkan sekolah di SMAN 2 Sengkang). Andi Agus dikenal memiliki pengetahuan yang cukup luas tentang web-blog dan ia banyak memberikan kontribusi bagi pengembangan IT di sekolahnya.
gurublog

Meski agak canggung ketika presentasi di depan guru, namun karena menguasai materi yang dibawakannya, presentasi berjalan dengan lancar. Materi pelatihan meliputi cara membuat blog, mempublikasikan dan mengedit posting artikel. Andi Agus juga menjelaskan manfaat blog bagi guru.

Ketika ditanya, Bu Kallo mengaku senang mengikuti pelatihan ini karena praktek langsung dan bebas bertanya. Umumnya peserta membuat content blog seputar pendidikan. Bu Hj. Rahma misalnya, tulisannya seputar pembelajaran bahasa Inggris sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Meski hanya berlangsung sehari, peserta mengaku mendapat banyak pengetahuan, dan lebih penting lagi terinspirasi untuk melakukan inovasi pembelajaran.

Dari kegiatan pelatihan ini dapat dilihat adanya langkah yang amat positif dari guru SMP 6 Sengkang untuk membuka diri dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. Hal lain yang bisa disimpulkan, bahwa siswa dapat menjadi sumber belajar, yang penting menguasai bidangnya dan diberi kesempatan. Selamat untuk guru-guru SMP 6 Sengkang. Good idea!