Tuan Guru
Menghidupkan Kembali Sosok Tuan Guru Yang Ditiru dan Digugu

Sebab-sebab Renaissance Muncul Pertama Kali di Italia | Tuan Guru

Renaissance mula-mula muncul di Italia pada menjelang akhir abad ke-13. Awalnya berkembang pada golongan Paura (pengusaha atau pedagang) di Italia yang karena telah menjadi kaya, maka mempunyai banyak waktu luang untuk menekuni ilmu pengetahuan dan kesenian. Sebab-sebab Renaissance muncul pertama kali di Italia adalah:

  1. Di Italia kekuasaan Paus sudah kecil, kota-kota di Italia Utara merebut kemerdekaannya dan menjadi republik kecil. Banyak terjadi perang saudara sehigga dari kota Florence muncul Machiavelli yang sedih melihat tanah airnya Italia penuh kekacauan. Melalui bukunya “Il Princip” menganjurkan cara seorang kepala negara bertindak untuk menjamin kebesaran negaranya, raja harus bertindak sebagai diktator.
  2. Italia tidak pernah mengikuti seni gaya gotik secara mendalam, sehingga mudah menerima seni renaissance. Orang Italia menganggap seni gotik itu sebagai kesenian Barbar.
  3. Adanya puing-puing bangunan lama yang megah dan mengagumkan di kota Roma dan kota-kota lain di Italia memberi dorongan kepada bangsa Italia untuk kembali pada kejayaan masa lampau, dan merasa berhak dan wajib mewarisi kebudayaan Romawi Kuno.
  4. Sesudah imperium Romawi jatuh, pusat kegiatan politik dan militer pindah ke negara-negara sebelah pegunungan Alpen. Demikian pula mengenai bentuk kemasyarakatan (feodalisme) dan bidang ilmu pengetahuan berada di tangan negara sebelah utara, terutama Perancis. Dengan munculnya gagasan renaissance, segera aliran itu disambut gembira oleh rakyat Italia (utara dan tengah) dengan harapan dapat tampil kembali memegang peranan dan menjadi pelopor ke arah dunia modern.
  5. Mengenai perkembangan ekonomi, Italialebih maju dibanding negara-negara Eropa lainnya. Italia mengenal kapitalisme satu abad lebih dulu daripada negara-negara lain di utara. Italia merupakan jembatan antara Barat dan Timur. Kemakmuran yang melimpah pada golongan pedagang memberi kesempatan bagi tukang-tukang dan seniman untuk memperoleh kesempatan kerja. Golongan pedagang yang menjadi kaya memungkinkan hidup mewah seperti raja-raja kecil atau pangeran. Mereka mempekerjakan para seniman untuk memperindah istana-istana mereka.
  6. Struktur pemerintahan di Italia berbentuk negara kota, mirip pada saat jaman Yunani Kuno.
  7. Para bangsawan Italia tidak tinggal di pedalaman, melainkan di kota-kota. Sesudah bersaing lama dengan para penduduk kota yang kaya (Paura), keduanya bersatu dan menduduki kekuasaan pemerintahan.
  8. Terdapatnya para penguasa negara (raja, pangeran, pedagang besar, panglima, maupun Paus) yang menghendaki agar negaranya maju dalam ilmu pengetahuan dan kesenian, sehingga dibentuklah kelompok-kelompok seniman, filosof, cerdik pandai, dibangun pula perpustakaan, akademi-akademi, dan memerintahkan memperindah kota serta istana dengan berbagai macam karya para seniman. Dengan kata lain perhatian terhadap ilmu pengetahuan sangat besar.
  9. Terdapatnya pelarian dari Bizantium ke Roma yang terdiri dari seniman dan cendekiawan. Dalam pelariannya itu sekaligus membawa naskah-naskah ilmu pengetahuan dan naskah-naskah seni jaman Yunani dan Romawi Kuno.

Sumber:
Hadjrah & Intan Amran. 1987. Sejarah Eropa Baru. FPIPS IKIP Ujung Pandang