Tuan Guru
Menghidupkan Kembali Sosok Tuan Guru Yang Ditiru dan Digugu

Pertumbuhan dan Perkembangan Paham Sosialisme | Tuan Guru

Sosialisme sebagai suatu paham (gerakan) yang menghendaki suatu masyarakat disusun secara kolektif dengan tujuan mencapai masyarakat yang bahagia. Jadi paham ini titik beratnya pada masyarakat, bukan pada individu.

Sebab-sebab tumbuhnya paham sosialisme dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Sebagai reaksi terhadap liberalisme ekonomi
  2. Terdapat golongan buruh sebagai pendukungnya
  3. Nasib buruh-buruh pabrik di Inggris dan negara industri lainnya di Eropa sangat buruk. Upah rendah, jam kerja panjang, jaminan kesehatan dan keamanan, serta perumahan yang buruk
  4. Akibat revolusi industri di Inggris.

Paham sosialisme mula-mula muncul di Inggris sebagai cetusan rasa tanggung jawab terhadap nasib kaum pekerja. Tujuannya agar mereka diperbaiki dan dilindungi oleh undang-undang.

Gerakan sosialisme yang memperjuangkan nasib kaum pekerja mula-mula dengan membentuk Sarekat Buruh yang dalam memperjuangkan nasib anggoranya sering mengajukan tuntutan bahkan memelopori pemogokan. Tetapi pada abad ke-18 sering tidak mendapat perhatian kaum liberal.

Dengan makin bertambahnya pabrik-pabrik (abad ke-29 dan abad ke-20) pengaruh buruh makin besar. Mereka lalu mendirikan Partai Sosialis atau Partai Buruh. Pada akhir abad ke-19, setiap negara mempunyai perundang-undangan tersendiri yang melindungi kaum pekerja.

Persamaan berbagai aliran sosialis di Eropa adalah cita-cita agar alat-alat produksi seperti pabrik, kapal, pertambangan dikuasai oleh badan-badan masyarakat. Dengan cara demikian keuntungan yang diperoleh dapat merata.

Aliran sosialis hingga tahun 1848 disebut utopis, karena perjuangannya tidak berdasar pada kenyataan yang ada. Tokoh-tokoh sosialis utopis yang terkenal adalah: Thomas More, Richard Owen, dan lain-lain.

Sesudah tahun 1848 (akhir abad ke-19), paham sosialis yang didasarkan pada ilmu pengetahuan lahir dipelopori oleh Karl Marx. Ajarannya didasarkan pada apa yang disebut “historis materialisme”. Intinya bahwa jalan sejarah ditentukan oleh material. Dan perkembangan sejarah umat manusia selalu ditandai dengan pertentangan golongan miskin dengan golongan kaya. Pandangan Karl Marx memengaruhi kaum buruh Eropa yang sangat menderita. Dari paham sosialis ini kemudian melahirkan paham Komunisme.