Tuan Guru
Menghidupkan Kembali Sosok Tuan Guru Yang Ditiru dan Digugu

Penilaian Kompetensi Profesional; Penguasaan Materi, Struktur, Konsep, dan Pola Pikir Keilmuan yang Mendukung Mata Pelajaran yang Diampu | Tuan Guru

Home » PKG » Penilaian Kompetensi Profesional; Penguasaan Materi, Struktur, Konsep, dan Pola Pikir Keilmuan yang Mendukung Mata Pelajaran yang Diampu

Penilaian kinerja guru pada kompetensi profesional (sub kompetensi 13); penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu dilakukan dengan cara pengamatan. Dalam hal ini diharapkan rancangan, materi dan kegiatan pembelajaran, penyajian materi baru dan respon guru terhadap peserta didik memuat informasi pelajaran yang tepat dan mutakhir. Pengetahuan ini ditampilkan sesuai dengan usia dan tingkat pembelajaran peserta didik. Guru benar-benar memahami mata pelajaran dan bagaimana mata pelajaran tersebut disajikan di dalam kurikulum. Guru dapat mengatur, menyesuaikan dan menambah aktifitas untuk membantu peserta didik menguasai aspek-aspek penting dari suatu pelajaran dan meningkatkan minat dan perhatian peserta didik terhadap pelajaran.
Indikator:

  1. Guru melakukan pemetaan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu yang diperlukan.
  2. Guru menyertakan informasi yang tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
  3. Guru menyusun materi, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat, mutakhir, dan yang membantu peserta didik untuk memahami konsep materi pembelajaran.

Proses Penilaian: 1.  Sebelum Pengamatan

Cermati RPP. Pelajari apakah materi yang tercakup dalam RPP merupakan materi yang tepat dan mutakhir.

2.  Selama Pengamatan

  1. Amati apakah guru menguasai, terampil dan lancar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran atau apakah guru harus sering menggunakan catatan atau buku untuk menyampaikan pembelajaran.
  2. Amati apakah guru melaksanakan kegiatan pembelajaran berdasarkan kerangka topik yang dibahas, apakah guru dapat mengidentifikasi bagian-bagian yang penting atau tidak dari topik tersebut.
  3. Amati apakah guru mengetahui topik-topik tertentu yang  mungkin sulit dipahami oleh peserta didik dan memerlukan pengulangan secara bervariasi.
  4. Amati bagaimana guru merespon pertanyaan atau pendapat peserta didik (apakah  guru mau mendengar, menghargai dan merespon secara tepat dan benar pertanyaan dan pendapat peserta didik).
  5. Amati bagaimana guru menanggapi pertanyaan atau tanggapan peserta didik yang tidak relevan dengan tujuan pembelajaran.
  6. Amati berapa lama guru menanggapi pertanyaan atau tanggapan peserta didik tertentu tanpa mengabaikan peserta didik lainnya.

Dengan mengetahui prosedur penilaian tiap kompetensi akan bermanfaat untuk lebih awal mempersiapkan diri menghadapi PKG.

Artikel Terkait
•  Prinsip-prinsip Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru
•  Cara Menilai Kinerja Guru dalam PKG
•  Penilaian Kompetensi Pedagogik; Mengenal Karakteristik Peserta Didik
•  Penilaian Kompetensi Pedagogik; Menguasai Teori & Prinsip Pembelajaran yang Mendidik
•  Penilaian Kompetensi Pedagogik; Pengembangan Kurikulum
•  Penilaian Kompetensi Pedagogik; Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
•  Penilaian Kompetensi Pedagogik; Memahami dan Mengembangkan Potensi
•  Penilaian Kompetensi Pedagogik; Komunikasi dengan Peserta Didik
•  Penilaian Kompetensi Pedagogik; Penilaian dan Evaluasi
•  Penilaian Kompetensi Kepribadian; Bertindak Sesuai dengan Norma
•  Penilaian Kompetensi Kepribadian; Menunjukkan Pribadi yang Dewasa dan Teladan
•  Penilaian Kompetensi Kepribadian; Etos Kerja, Tanggung Jawab, Rasa Bangga Menjadi Guru
•  Penilaian Kompetensi Sosial; Bersikap Inklusif, Obyektif, Serta Tidak Diskriminatif
•  Penilaian Kompetensi Sosial; Komunikasi dengan Sesama Guru, Orang Tua, dan Masyarakat
•  Penilaian Kompetensi Profesional; Mengembangkan Keprofesian Melalui Tindakan Reflektif