Tuan Guru
Menghidupkan Kembali Sosok Tuan Guru Yang Ditiru dan Digugu

Pengangkatan Tenaga Honorer Kategori II Tahun 2013 Melalui Tes | Tuan Guru

Pemerintah berencana membuka pengadaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) baru sebanyak 169 ribu orang tahun ini. Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PAN-RB) Eko Prasojo mengatakan, penerimaan CPNS dengan pengangkatan pegawai honorer tahun ini mencapai 169 ribu melalui seleksi. Sementara, untuk pengangkatan seluruh pegawai honor tetap dilaksanakan pada tahun depan. Tes penerimaan CPNS ini akan digelar pada Agustus 2013. Tes ini, akan dilakukan serentak secara nasional.

Penerimaan dari kategori umum 60 ribuan. Meski demikian, Kemenpan-RB masih menunggu usulan kebutuhan CNPS dari daerah. Setiap daerah harus mengusulkan berapa jumlah CPNS yang dibutuhkannya.

Sementara untuk Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kategori II atau pendapatan tidak dibayar melalui APBN/APBD, jumlahnya mencapai 500 ribu. Tenaga honorer Kategori II (K-II) tidak dapat langsung diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) seperti Kategori I (K-I).

Tes penerimaan PTT K-II akan disamakan dengan tes penerimaan reguler, diantaranya tes kepribadian, tes potensi akademik dan tes wawasan kebangsaan. Tes ini dimaksudkan agar menghasilkan PNS yang berkompeten. Republik ini harus dibangun oleh PNS yang kompeten, bukan PNS asal-asalan

Kemenpan-RB masih akan melakukan penentuan kuota formasi jurusan dan usulan dari daerah. Dengan demikian, maka dapat ditentukan jumlah kuota yang akan diterima untuk PTT K-II. Jika kuota telah ditentukan, maka akan lakukan tes pada Juli atau Agustus.

Sumber: http://economy.okezone.com/read/2013/05/10/20/804829/dicari-169-ribu-calon-pns-baru

http://economy.okezone.com/read/2013/04/24/20/796678/siapa-bilang-honorer-k-ii-pasti-bisa-jadi-pns