Tuan Guru
Menghidupkan Kembali Sosok Tuan Guru Yang Ditiru dan Digugu

Penerapan Strategi Student-created Studies | Tuan Guru

Studi kasus digembar-gemborkan sebagai suatu metode belajar terbaik. Satu tipe diskusi kasus menfokuskan isu menyangkut suatu situasi nyata atau contoh yang menuntut suatu tindakan dan pelajaran yang dapat dipelajari, dan cara-cara mengendalikan atau menghindari situasi yang akan datang. Strategi Student-created Studies (Studi Kasus Kreasi Siswa) memungkinkan peserta didik menciptakan studi kasus sendiri.

Prosedur penerapan strategi Student-created Studies sebagai berikut:

  1. Pecahlah kelas menjadi pasangan-pasangan atau trio. Ajaklah mereka mengembangkan sebuah studi kasus siswa kelas dapat menganalisis dan mendiskusikan.
  1. Nyatakan bahwa tujuan studi kasus adalah mempelajari topik dengan menguji situasi nyata atau contoh yang merefleksikan topik. Berikut beberapa contoh:
  1. Puisi hatiku dapat ditulis guna menunjukkan bagaimana puisis itu diselesaikan.
  2. Sebuah resume aktual dapat dianalisis guna mempelajari bagaimana menulis sebuah resume.
  3. Sebuah laporan bagaimana seseorang melakukan eksperimen ilmiah yang dapat didiskusikan guna mempelajari prosedur ilmiah.
  4. Sebuah dialog antara seorang manajer dengan seorang pegawai yang dapat diuji guna mempelajari bagaimana memberikan bantuan positif.
  5. Langkah-langkah yang diambil orang tua dalam situasi konflik dengan seorang anak yang diselidiki mempelajari manajemen tingkah laku.
  1. Berikan waktu yang cukup bagi setiap pasangan atau trio untuk mengembangkan situasi kasus kecil atau isu yang didiskusikan; atau satu problem untuk dipecahkan, yaitu sesuatu yang relevan dengan materi pelajaran. Contoh: dalam materi sejarah Amerika abad ke-19, guru menyeleksi tiga kejadian sejarah di mana Amerika Serikat mengintervensi negara lain, dan berikan tugas masing-masing pasangan peserta didik agar mereka mengembangkan studi kasus untuk memeriksa politik luar negeri Amerika Serikat, yaitu:

a.  Invasi terhadap Bay of Bigs b.  Intervensi tentara di Vietnam

c.  Tugas tentara di Somalia

Kemudian setiap pasangan membuat rangkuman untuk studi kasus, secara khusus detail kejadian yang mengarah pada keputusan pengiriman tentara amerika Serikat ke luar negeri. Pertanyaan yang dianalisis adalah:

–   Apa alasan dasar intervensi tentara Amerika? –   Bagaimana keputusan diinformasikan kepada masyarakat Amerika? –   Siapakah pembuat keputusan tersebut?

–   Apa yang dipakai sebagai pedoman politik luar negeri Amerika?

  1. Ketika studi kasus selesai, mintalah kelompok-kelompok agar mempresentasikan kepada kelas. Biarkan seorang anggota kelompok memimpin diskusi kelas.

Penerapan strategi Student-created Studies dapat divariasikan dengan meminta beberapa sukarelawan memersiapkan studi kasus di depan kelas lain. (Persiapan studi kasus adalah suatu penegasan belajar yang sangat baik). Buatlah kelompok dengan angka genap. Gabungkan kelompok-kelompok tersebut dan mintalah untuk saling menukar studi kasus.

Sumber:
Silberman, Mel. 2009. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Diterjemahkan oleh Sarjuli dkk. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani & YAPPENDIS