Tuan Guru
Menghidupkan Kembali Sosok Tuan Guru Yang Ditiru dan Digugu

Pembelajaran Kreatif dan Produktif | Tuan Guru

Pembelajaran kreatif dan produktif merupakan model yang dikembangkan dengan mengacu pada berbagai pendekatan pembelajaran yang diasumsikan mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Pendekatan tersebut antara lain; belajar aktif, kreatif, konstruktif, serta kolaboratif dan kooperatif. Karakteristik penting dari setiap pendekatan tersebut diintegrasikan sehingga menghasilkan suatu model yang memungkinkan peserta didik mengembangkan kreativitas untuk menghasilkan produk yang bersumber dari pemahaman mereka terhadap konsep yang sedang dikaji. Beberapa karakteristik tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Keterlibatan peserta didik secara intelektual dan emosional dalam pembelajaran.
  2. Peserta didik didorong untuk menemukan/mengonstruksi sendiri konsep yang sedang dikaji melalui penafsiran yang dilakukan dengan berbagai cara, seperti observasi, diskusi, atau percobaan.
  3. Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanggung jawab menyelesaikan tugas bersama. Kesempatan ini diberikan melalui kegiatan eksplorasi, interpretasi, dan rekreasi.
  4. Untuk menjadi kreatif, seseorang harus bekerja keras berdedikasi tinggi, antusias,serta percaya diri.

Materi yang sesuai dengan disajikan dengan model kreatif dan produktif merupakan materi yang menuntut pemahaman yang tinggi terhadap nilai, konsep, atau masalah aktual di masyarakat, serta keterampilan menerapkan pemahaman tersebut dalam bentuk karya nyata. Materi ini dapat berasal dari bidang studi, seperti masalah sosial ekonomi, masalah apresiasi sastra dari Bahasa Indonesia, atau masalah polusi dari IPA.

Sumber:
Penyelenggara Sertifikasi Guru Rayon 1 24. 2012. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Ilmu Pengetahuan Sosial. Makassar: Universitas Negeri Makassar.