Tuan Guru
Menghidupkan Kembali Sosok Tuan Guru Yang Ditiru dan Digugu

Organisasi Siswa Intra Sekolah | Tuan Guru

OSIS singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. OSIS adalah satu-satunya wadah/organisasi siswa yang ada di sekolah. Oleh karena itu setiap sekolah wajib memebentuk OSIS, yang tidak mempunayi hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain dan tidak menjadi bagian atau alat dari organisasi lain yang ada di luar sekolah.

Dalam rangka pelaksanaan kebijaksanaan pendidikan arti yang terkandung dalam OSIS lebih jauh yakni sebagai sala satu sarana untuk melaksanakan pembinaan kesiswaan.

Apabila OSIS dipandang sebagai suatu sistem, maka OSIS sebagai tempat kehidupan berkelompok siswa untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini OSIS dipandang sebagai suatu sistem, yakni sekumpulan siswa mengadakan koordinasi dalam upaya menciptakan suatu organisasi yang mampu mencapai tujuan. OSIS sebagai suatu sistem ditandai beberapa ciri pokok: (1) berorientasi pada tujuan, (2) memiliki susunan kehidupan kelompok, (3) memiliki sejumlah peranan, (4) terkoordinasi, dan (5) berkelanjutan dalam waktu tertentu.

Sebagai salah satu pembinaan kesiswaan, OSIS berperan sebagai wadah, penggerak/motivator, dan bersifat preventif. Itulah sebabnya sekolah-sekolah wajib membentuk OSIS sebagai sarana untuk melaksanakan pembinaan kesiswaan. Dewasa ini di setiap sekolah telah terbentuk OSIS. Hanya kualitas pengelolaannya masih bervariasi, masih banyak tergantung “greget” kepala sekolah dan guru, khususnya pembina OSIS.

Sumber: Dir. PSMP. 2010. Era Mutu SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional