Tuan Guru
Menghidupkan Kembali Sosok Tuan Guru Yang Ditiru dan Digugu
ar-ruum41

Contoh Pidato; Selamatkan Bumi | Tuan Guru

Para sahabat pemerhati lingkungan yang saya banggakan. Kita pasti masih ingat dalam sejarah Islam bahwa perjalanan Isra’ dan Mi’raj Rasulullah SAW telah berjumpa dengan seorang perempuan tua renta yang kemudian dijelaskan oleh Malaikat Jibril bahwa perempuan tua tersebut adalah bumi yang sudah tua. Saudaraku, itu sudah 1500 tahun yang lalu, bumi sudah digambarkan seperti perempuan tua. Tentu hari ini bumi bukan hanya sudah tua renta, tapi sudah keropos, sakit-sakitan dan tak berdaya seperti seorang pasien yang tinggal menunggu hari-hari terakhir menjelang ajal menjemput.

Bumi tempat kita bernaung, menghirup napas, melayani dan menyediakan kebutuhan kita sehari-hari telah rusak akibat tangan-tangan rakus manusia. Lapisan ozon telah robek dan mengakibatkan terjadinya pemanasan global yang mengancam jiwa manusia. Tanah, air dan udara sudah tercemar sedemikian parah yang mengakibatkan menurunnya kualitas kehidupan. Tanah semakin gersang akibat kebakaran dan perambahan hutan serta timbunan sampah plastik. Laut semakin rusak akibat pengeboran minyak lepas pantai, pemboman ikan dan berbagai eksploitasi yang tidak bertanggung jawab. Demikian juga udara semakin tercemar oleh karbon dioksida akibat pembakaran minyak dan gas dari kendaraan bermotor, pabrik-pabrik, dapur rumah tangga, dan pembakaran sampah. Akhirnya bumi yang sudah tidak seimbang lagi menyebabkan terjadinya bencana alam berupa banjir, tanah longsor, iklim yang semakin panas, kekeringan lahan, berkurangnya biota laut dan berbagai penyakit yang bermunculan.

Para sahabat peduli bumi yang saya banggakan. Hari ini bumi menjerit, bumi sekarat, bumi membutuhkan pertolongan kita.

Mengapa bumi harus kita selamatkan? Pertama, karena manusialah yang paling bertanggung jawab sebagai penyebab terjadinya kerusakan di muka bumi. Hal ini telah disinggung dalam Al Qur’an Surah Ar Ruum ayat 41:

ar-ruum41 “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”.

Kedua, karena manusia sangat bergantung pada alam. Selama ini bumi telah melayani hampir seluruh kebutuhan hidup manusia. Sehingga dengan menjaga kelestarian lingkungan berarti kita menjaga kelangsungan hidup umat manusia.

Nah, apa yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan bumi? Beberapa solusi yang dapat saya tawarkan antara lain :

  1. Jangan menggunakan listrik untuk penerangan atau peralatan kecuali jika anda benar-benar sedang menggunakannya.    Gunakan lampu yang hemat energi.
  2. Tanamlah tanaman sebanyak mungkin di halaman rumah untuk mengurangi karbondioksida.
  3. Jangan membakar apa saja, termasuk rokok.
  4. Jangan membuang sesuatu yang dapat didaur ulang, seperti kaleng aluminium dan kertas. Simpan dan berikan pemulung untuk dijual kembali. Jangan membuang sampah kedalam saluran air, sungai dan laut. Katakan pada seseorang jika Anda melihatnya membuang sampah secara sembarangan.
  5. Pergunakan air sehemat mungkin untuk mencuci kendaraan dan menyiram tanaman.
  6. Jika ingin berbelanja, belanjalah di toko sekitar Anda. Ini akan menghemat biaya transportasi dan BBM Anda. Bawalah sendiri tas belanja Anda, dengan demikian Anda mengurangi jumlah tas plastik/kresek yang diperlukan. Belakangan ini beberapa pusat perbelanjaan sudah mulai mengajarkan pelanggannya untuk menggunakan sistem seperti ini. Jadi sambutlah itikad baik mereka untuk menyelamatkan lingkungan.
  7. Hindari mengendarai kendaraan bermotor apabila tidak terlalu penting. Jika tempat yang dituju tidak terlalu jauh, sebaiknya jalan kaki. Dengan demikian kita telah mengurangi pencemaran udara.
  8. Belilah produk yang anda sukai sehingga produk tersebut tidak perlu diganti sampai benar-benar rusak dan tidak dapat dipakai kembali.
  9. Hindari fast food karena fast food merupakan penghasil sampah terbesar di dunia. Selain itu konsumsi fast food juga buruk untuk kesehatan Anda.
  10. Kurangi mengkonsumsi daging, bervegetarian adalah yang terbaik. Berdasarkan penelitian, untuk menghasilkan 1 kg daging, sumber daya yang dihabiskan setara dengan 15 kg gandum. Bayangkan bagaimana kita bisa menyelamatkan bumi dari kekurangan pangan jika kita bervegetarian. Peternakan juga penyumbang 18% “jejak karbon” dunia, ini lebih besar dari sektor transportasi (mobil, motor, pesawat, dll)

Demikian beberapa sikap dan tindakan yang dapat kita lakukan dalam rangka menyelamatkan bumi. Ingat, bahwa sekecil apapun yang dapat kita lakukan, jika hal itu dapat mencegah kerusakan lingkungan, maka lakukanlah. Karena dengan demikian kita telah memberikan sumbangan yang sangat berharga bagi kelangsungan hidup di bumi. Oleh sebab itu beritahukan kepada keluarga, ajak teman-temannya untuk peduli lingkungan. Semoga kita semua menjadi duta-duta penyelamat lingkungan, sehingga generasi yang akan datang, anak cucu kita masih dapat menikmati keramahtamahan bumi yang kita cintai ini.

Artikel Terkait
•  Contoh Pidato; Peranan Pemuda Melawan Korupsi di Indonesia
•  Contoh Pidato; Politik Tanpa Moral
•  Kisi-kisi Uji Kompetensi (UK) Tahun 2013
•  Dapodik Pengawas Sekolah Meresahkan Sekolah Kecil
•  Soal Seleksi CPNS; Kematangan
•  Soal Seleksi CPNS; Pengetahuan Umum
•  Soal Olympiade Sains Nasional (OSN) Ilmu Pengetahuan Sosial 2012
•  Media Online sebagai Sarana Promosi Pariwisata Sulawesi Selatan
•  Pengelolaan Kelas Berbasis Pendidikan Karakter
•  Multiperan Guru Sebagai Pendidik