Tuan Guru
Menghidupkan Kembali Sosok Tuan Guru Yang Ditiru dan Digugu
codenapoleon

Code Napoleon | Tuan Guru

codenapoleon

Undang-undang Napoleon atau dikenal dengan Code Napoleon adalah undang-undang sipil Perancis yang disusun pada masa kekuasaan Napoleon Bonaparte. Undang-undang Napoleon ini disusun secara cepat oleh komisi yang terdiri dari empat orang ahli hukum terkenal Perancis dan mulai diberlakukan pada tanggal 21 Maret 1804.

Code Napoleon bukanlah undang-undang sipil resmi pertama yang disusun di negara Eropa. Sebelumnya sudah ada Codex Maximilianeus Bavaricus Civilis (Bavaria, 1756), Allgemeines Landrecht (Prussia, 1792) dan West Galician Code, (Galicia, Austria, 1797). Tetapi dianggap sebagai undang-undang sipil pertama yang berhasil dan sangat memengaruhi perundang-undangan di banyak negara.

Perombakan yang dilakukan oleh Napoleon punya daya pengaruh yang melampaui batas negeri Perancis sendiri. Code Napoleon, dalam banyak hal, mencerminkan ide-ide Revolusi Perancis. Misalnya, di bawah code ini tidak ada hak-hak istimewa berdasar kelahiran dan asal-usul, semua orang sama derajat di mata hukum. Berbarengan dengan itu code tersebut cukup mendekati hukum-hukum lama dan adat kebiasaan Perancis sehingga diterima oleh rakyat Perancis dan sistem pengadilannya. Secara umum, code itu moderat, terorganisir rapi dan ditulis dengan ringkas, jelas, dapat diterima serta mudah dipahami. Akibatnya, undang-undang ini tidak hanya berlaku di Perancis (hukum perdata Perancis yang berlaku sekarang hampir mirip dengan Code Napoleon itu) tetapi juga diterima pula di negeri-negeri lain dengan perubahan-perubahan yang disesuaikan dengan keperluan setempat.

Sumber:
Michael H. Hart, 1982. Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah. Terjemahan H. Mahbub Djunaidi. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya
http://id.wikipedia.org/wiki/Undang-undang_Napoleon

Sumber Gambar: http://www.demokratiegeschichte.eu/typo3temp/pics/e11c6f1045.jpg